RT-01/011 Cilandak Barat

Forum Komunikasi Informasi Warga

Pembuatan Sumur resapan

cilbargif1Sepanjang jalan MPR I umumnya tidak mempunyai parit pembuangan air, dan umumnya air terbuang dari perumahan menggenangi jalan raya MPR 1 dan menyebabkan pemandangan yang tidak sedap dan membuat jalan cepat berlubang dan kotor.

Atas inisiatip dari warga  RT 001 / 11 Cilandak Barat yang peduli ligkungan dan juga program pemerintah, hari  Minggu ( 28/12) diadakan kerja bakti untuk membersihkan jalan di MPR I dan dibuat beberapa sumur resapan di beberapa titik.  Sumur resapan ini berfungsi untuk menampung air dari warga setempat agar tidak menggenangi jalan.  air ini umumnya di buang ke jalan raya oleh warga untuk mencuci mobil dan membuang air kolam renang.

Diharapkan warga berpartisipasi aktif untuk menjaga sumur-sumur resapan dan menggunakan semestinya.  sumur resapan ini dapat juga digunakan sebagai tempat sampah organik, sehingga diharapkan jalan di MPR I menjadi bersih

Mampa’at kegunaannya adanya lubang biopori

  • Untuk cadangan bila musim kemarau,

Apa bila tidak ada lubang biopri,Waktu musim hujan atau hujan  ,Air akan terus jalan kesolokan / got, air tersebut tidak meresap kedalam tanah disekitar lingkungan kita.dan pada sa’at musim kemarau datang sumur kita akan kekurangan air/kekeringan.

  • Untuk memudahkan kita membuang sampah( Sampah dapur)seperti potongan sayur mayur tulang ikan dan juga bangkai tikus dll asal jangan pelastik dan beling. Sampah ini berguna untuk dijadikan pupuk tanaman bila suadah 1-2 bulan kalau kita ambil.
  • Menjadikan jalan tidak becek, bila kita mencuci mobil /motor, air tersebut tidak akan langsung kejalan raya ia akan masuk kedalam lubang biopori. dan ini akan menjadikan cadangan air.
  • Jalan aspal tidak cepat berlubang dan  rusak, lingkungan kita menjadi lebih bagus. Kita bosan dikit dikit betulin jalan,

Kami mengaharapkan bantuan dari seluruh warga.agar menjaga dan memelihara lubang biopori yang sudah ada dan memperhatikan air cucian mobil dll.agar tidak langsung kejalan apa lagi tergenang. ini semua demi lingkungan kita untuk menjadi bersih dan indah.

Jangan takut lubang tersebut dijadikan sarang nyamuk. kalu kita sering kontrol,kalau ada air yang tidak menyerap kita kasih bubuk ABATE,Abate tersebut bisa tahan /mencegah telur nyamuk menetas selama 3 bulan.

Ada pun lubang biopori yang buat belum banyak untuk keseluruhan nya dikarenakan biaya yang belum mencukupi maka kami tunda untuk sementara.insya Alloh kami kerjakan pelan -pelan sambil membersihkan jalan (kerja bakti).

Hormat kami

Acep Hidayat.

Desember 29, 2008 - Posted by | Aktivitas

4 Komentar »

  1. Pak, tolong sumur resapannya di perbanyak donk

    Komentar oleh cilbar | Februari 18, 2009 | Balas

  2. masih banyak warga yang belum menyadari pentingnya sumur resapan biopori,, ada yang bilang jadi sarang nyamuk…??? untuk diketahui saja lubang resapan biopori besar manfaat nya dan untuk lebih jelas mengenai kegunaan sumur resapan biopori dapat dilihat di http://biopori.com/

    Komentar oleh Lambang | Maret 9, 2009 | Balas

  3. Pak RT, mohon di sosialisasikan biopori ke warga, terutama warga yang berdekatan lubang biopori agar dapat menjaga lubang tidak dimasuki kotoran dan tertimbun tanah..khan kasian masak dari segitu banyak warga hanya segelintir saja yang peduli…..:(

    Komentar oleh Lambang | Maret 9, 2009 | Balas

  4. maksudnya sampah2 plastik.. kalau sampah organik memang sangat disarankan sekali untuk dimasukan ke biopori

    Komentar oleh Lambang | Maret 9, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: